Kamis, 12 Desember 2013

Do'a Tak Sengaja

Kemarin saat hendak naik mobil bus, tak sengaja berdo'a "Allahummaftah li abwaaba rahmatik" padahal itu adalah do'a masuk masjid yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits Shahih Muslim no.1165 yang artinya :

"Ya Allah bukakanlah pintu-pintu rahmat(kasih sayang)-MU"

Karena salah berdo'a akhirnya saya berharap saja semoga Allah berkenan membukakan pintu kasih sayang-NYA untuk saya meski sedang di bus dan bukan di masjid.

Dan ternyata walillahil hamd.....

Saat itu saya duduk pas di belakang sopir, karena menurut pengalaman saya,
getaran roda bus bagian depan lebih halus dari pada duduk di bagian belakang, meski saya juga tahu bahwa duduk di belakang sopir bus ini ada satu hal yang tidak membuat nyaman yaitu kebiasaan merokok sopir saat bus baru berangkat. Apalagi sang sopir kelihatannya habis makan meski di siang hari ramadhan. Ia non muslim.

Mulailah muncul gelagat ia bakal menghirup knalpot kertas. Namun sesaat setelah duduk di jok sopir ia menoleh ke belakang ke arah saya dan bertanya:

"Abang puasa...?"

"oh, iya bang.." jawab saya singkat, meski dalam hati nyeletuk nggak lihat apa sama jenggot, masa iya jenggotan begini nggak puasa. (Padahal orang Yahudi juga jenggotan, dan orang-orang tamarrod di Mesir juga jenggotan tapi mereka ngga puasa).

Tahukah, ternyata dia tidak jadi merokok karena tahu saya sedang puasa. Syukurlah akhirnya.

Saya jadi merenung, sungguh kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta'ala itu sangatlah luar biasa. Dari sebuah do'a yang salah tempat dan tidak sengaja saja Allah sudi membukakan pintu ramat-NYA.

Lalu bagaimanakah bila kita berdo'a dengan do'a yang benar dan dengan sengaja diucapkan sungguh-sungguh kepada Dzat yang Samii'un Qariibun Mujiibud da'awaat...!!!

Akhirnya saya berdo'a semoga Allah memberikan hidayah-NYA untuk sang sopir, hingga kalau nanti dipertemukan kembali oleh Allah saya melihatnya sudah berpuasa......dan jenggotan juga.

Fairuz Ahmad.

Tempat kejadian perkara di Terminal Pulo Gadung.
Ditulis berita acaranya di Bintara, 22 Ramadhan 1434 H./31 Juli 2013 M.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar